Cerita Sukses Akun Belajar

Cerita Belajar.id

Mudah Mengakses Data dengan Google Drive


Masalah, Dampak, dan Solusi

Masalah

Saya mengalami masalah dalam hal penyimpanan data karena memiliki fail yang banyak. Saya juga pernah mengalami kehilangan flashdisk yang berisikan dokumen-dokumen penting di tahun 2009. Sebelum memiliki belajar.id, saya menggunakan drive dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas sehingga ada beberapa fail dan folder yang tidak dapat disimpan di sana. Selain kehilangan flashdisk, saya juga pernah kehilangan fail-fail penting karena virus.

Dampak

Setelah saya menggunakan dan mengajar dengan akun belajar.id, saya dapat bekerja lebih efisien. Tidak hanya itu tetapi dalam beberapa hal, memiliki akun belajar.id membantu saya dalam penyimpanan data di drive yang tidak terbatas kapasitasnya. Saya dapat menyimpan semua fail saya yang ada di dokumen. Saya tidak khawatir dalam hal virus dan kehilangan fail seperti ketika saya belum mengenal belajar.id. Saya juga dapat membantu kolega-kolega saya ketika di pelatihan sebelumnya untuk merekam kegiatan pembelajaran untuk video simulasi pembelajaran di salah satu tugas. Apabila saya tidak mengetahui hal tersebut, saya dan kolega saya akan mengalami hambatan untuk membuat video. Pada waktu itu saya menggunakan aplikasi GMeet dan akun belajar.id sehingga dapat merekam kegiatan simulasi diklat singkat. 

Solusi

Solusi yang saya aplikasikan adalah dalam hal penyimpanan data di Google Drive dan membuat video singkat dengan merekam di aplikasi GMeet menggunakan akun belajar.id

  1. Pemindahan data dengan aplikasi Google Drive

Hal-hal yang saya terapkan adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Drive 

  2. Klik folder baru. Saya menggunakan tahun untuk folder-folder dokumen pekerjaan misal 2021.

  3. Mengunggah folder dari dokumen


2. Membuat video dengan aplikasi GMeet

  1. Menentukan jadwal pertemuan untuk simulasi kegiatan

  2. Membuka aplikasi Google Calender 

  3. Menentukan jadwal sesuai tanggal yang telah disepakati

  4. Mengklik tautan GMeet

  5. Menyalin tautan

  6. Merekat tautan di WA grup

  7. Masuk ke pertemuan sesuai jadwal yang telah disepakati

  8. Mengklik rekam rapat di tiga titik kanan bawah.


Comments

Popular posts from this blog

Mudah Mengakses Data dengan Google Drive